Home » Uncategorized

Konfigurasi Standard & Upgrading Alat

30 November 2008 2,819 views No Comment

 

Konfigurasi Standard

Konfigurasi standard alat water purifier ukuran rumah tangga yang menggunakan kombinasi teknologi fiterisasi dan Reverse Osmosis umumnya terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut : 

 

  • Pre-Filter Sedimen 5 Mikron. Filter dengan ukuran ini efektif untuk menyingkirkan kotoran, karat dan partikel pasir, yang mempengaruhi rasa, bau dan warna air.
  • Pre-Filter Granular Activated Carbon. Filter ini mampu untuk menyingkirkan  99%  chlorine dan  bahan kimia yang bersifat organik. Juga berfungsi baik dalam mengurangi rasa, bau dan warna yang mengganggu. Menyingkirkan  fungisida, pestisida, insectisida, dan herbisida.
  • Pre-Filter Sedimen 1 Mikron.  Penggunaan  filter ini adalah guna melindungi membran Reverse Osmosis dan secara efektif meningkatkan kemampuannya dalam menyingkirkan/ menolak  95 % TDS (Total Disolve Solids).
  • Membran Reverse Osmosis. Berupa membran  Thin Film Composite (TFC), membran berkualitas tinggi yang mampu mengalirkan 50-400 galon air minum berkualitas per hari (tergantung ukuran TFC membrane yang digunakan). Membran ini mampu menyingkirkan kontaminan berbahaya seperti lead, cooper, barium, chromium, mercury, sodium, cadnium, fluoride, nitrite, nitrate, dan selenium. Menyingkirkan bakteria, E.Coli, giardia, cryptosporodium, dan lain-lain.
  • Post Carbon Filter. Filter ini membuang semua rasa dan bau yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas air minum yang dihasilkan.
Ada juga konfigurasi standard lainnya dimana Pre-Filter Sediment 1 Mikron diganti dengan Block Carbon Filter.
Upgrading
Konfigurasi standard ini tentunya dibuat berdasarkan kondisi rata-rata air baku yang akan diproses. Kenyataan menunjukkan bahwa kondisi air baku yang akan diproses bisa berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Ada air yang memiliki pH rendah sehingga setelah sebagian mineral dibuang, pH air menjadi lebih rendah lagi sehingga air terasa agak getir. Ada juga konsumen yang menginginkan agar mineral yang diperlukan tubuh (yang juga ikut terbuang) ditambahkan kembali ke dalam air hasil proses. Konsumen tertentu memerlukan air dengan nilai TDS=0, dan konsumen yang lebih hati-hati memerlukan dipasangnya lampu UV sebagai unit pengaman terakhir terhadap bakteri dan virus.

Dapatlah disimpulkan bahwa alat dengan konfigurasi standard itu haruslah memungkinkan untuk ditingkatkan (upgrade) kemampuannya sesuai dengan kebutuhan rieel konsumen tertentu yang memerlukannya. Hal ini dapat dilakukan secara mudah, yaitu dengan menambahkan filter atau komponen lain yang diperlukan pada alat yang menggunakan konfigurasi standard diatas. Kemampuan alat juga dapat ditingkatkan melalui penggunaan membran RO yang lebih besar, penggantian Booster Pump, penambahan water tank, ketersediaan TDS meter untuk sewaktu-waktu dapat mencek kualitas air, ataupun penambahan manual flush atau pressure gauge.

Guna memenuhi kebutuhan yang penting tersebut, QWater Indonesia menyediakan komponen-komponen tambahan guna meningkatkan kemampuan alat dan memudahkan pengoperasiannya seperti : Lampu UV, Filter Mineral, Filter Alkaline, Filter DI, Filter Infra Red, Water Tank, TDS meter, Manual Flush, Membran RO dengan berbagai ukuran, pressure gauge, dan lain-lain.

Komponen-komponen tambahan ini semuanya merupakan produk PurePro, dan dapat digunakan untuk alat water purifier dari merek lain.

 

 


Comments are closed.