Home » Uncategorized

Penambahan Water Tank

10 November 2008 2,868 views No Comment

Fungsi water tank adalah sebagai penampungan sementara dari air yang dihasilkan oleh alat water purifier yang menggunakan membran Reverse Osmosis. Diperlukan penampungan karena untuk alat skala rumah tangga yang menggunakan membran 50, 80, atau 100 GPD (GPD= Gallon Per Day), air yang keluar langsung dari alat/keran relatif kecil, sehingga diperlukan waktu yang cukup lama andai air diperlukan untuk mengisi botol dengan kapasitas 5 Gallon (1 Gallon= 3.8 Liter).

Guna mengatasi hal ini, pada waktu tanki khusus ini kosong, dengan bantuan auto shut-off valve dan tank shut-off switch, pompa secara otomatis akan hidup dan mengisi water tank. Kalau tanki sudah penuh pompa akan mati pula secara otomatis. Kalau air dibutuhkan, maka air yang diambil adalah air yang telah tersedia pada tanki, sehingga air keluar dengan debit yang lebih besar. Tanki ini merupakan “pressurized tank”, dimana tekanan diperoleh dari balon karet berisi udara yang terdapat di dalam tanki. Terdapat berbagai ukuran water tank ini : 3.2 G, 5.5 G, 11G, dan ukuran yang lebih besar lagi. Alat yang umum beredar di pasaran umumnya menggunakan tanki 3.2 Gallon.

Kapasitas rieel dari tanki sebenarnya kurang dari 3.2 Gallon. Hal ini disebabkan adanya balon karet berisi udara yang dipompakan di dalam tanki guna memberi tekanan pada air yang keluar ke keran alat. Karenanya tanki tergolong “pressurized”. Keberadaan balon berisi udara dengan sendirinya mengurangi volume air yang dapat ditampung.

Kapasitas penampungan ini dapat diperbesar dengan menggunakan tanki dengan ukuran yang lebih besar, atau menambahkan lagi 1 a 2 buah tanki lagi yang dipasang secara paralel. Dengan 2 a 3 buah tanki ini tentunya akan diperoleh persediaan air yang lebih banyak. Sebagai contoh : air dari tanki 3.2 G hanya mampu mengisi kira-kira 1/2 “botol gallon” yaitu botol penampungan yang lazim digunakan (isi 5 Gallon=19 liter). Guna memperoleh air yang cukup untuk pengisian botol galon ini dengan sekali pengisian, sebenarnya diperlukan 2 buah tanki berukuran 5.5 Gallon, atau 2 buah tanki yang masing-masingnya berukuran 5.5 Gallon dan 3.2 Gallon.

Comments are closed.