Home » Qwater

Qwater

Logo-QWater-only

Latar Belakang

Air Minum masih merupakan permasalahan serius bagi Indonesia, negeri yang berpenduduk lebih dari 220 juta jiwa ini. Infrastruktur yang tersedia masih sangat terbatas , dimana sebagian besar anggota masyarakat masih harus mencari jalan keluar dengan caranya masing-masing guna mendapatkan air minum yang merupakan kebutuhan hariannya. Disamping air PAM, sumber air minum yang umum digunakan adalah air sungai/danau/sumber alam dan air sumur dengan proses pengolahan yang minim dengan teknologi tradisional, air botol, dan air isi ulang (refill).

Di Indonesia diperkirakan lebih dari 100 juta penduduk (46%) masih kesulitan mengakses sumber air minum yang bersih. Lebih dari 70% penduduk masih tergantung pada sumber air yang telah terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya

Sasaran & Tujuan

Sasaran & tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat yang memiliki kepedulian (awareness) yang memadai atas kualitas air minumnya, memahami teknologi penjernihan air moderen secara umum, bersikap proaktif dalam mencari solusi yang tepat atas permasalahan air minum yang dihadapinya, kritis dalam memilih setiap solusi yang ditawarkan, dan mempunyai pilihan untuk dapat memproduksi sendiri secara praktis air minum sesuai dengan kualitas dan kuantitas dibutuhkannya dengan biaya produksi yang lebih kompetitif dibandingkan alternatif lain yang ada.

Strategi.

Mempelajari, menjajagi, dan memasyarakatkan penggunaan alat penjernih air skala rumah/kantor yang handal dari segi teknis, dan terjangkau dari segi harga.

Program

1. Penyampaian informasi kepada anggota masyarakat tentang air minum dan permasalahannya.

2. Pengenalan dan penyampaian teknologi mutakhir yang praktis guna pengolahan air minum berskala kecil-menengah yang merupakan alternatif solusi terbaik bagi anggota masyarakat atas permasalahan air minum yang dihadapi mereka.

3. Memilih dan menyediakan alat penjernih air (water purifier) yang menggunakan teknologi mutakhir dimaksud, handal dari segi teknis pemasangan, pengoperasian dan pemeliharaannya, serta terjangkau dari segi harga.

4. Membina network dan kerjasama yang baik dengan pihak pabrik, mengembangkan sistim pemasaran dan penjualan yang efektif dan efisien guna keterjangkauan harga, dan menyediakan suku cadang yang lengkap bagi konsumen pengguna.

5. Memasyarakatkan penggunaan Unit Penjernih Air Mandiri berupa alat penjernih air siap minum skala penggunaan rumah/kantor dengan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, serta dapat ditingkatkan (upgrade) lebih lanjut produktivitas maupun kualitas air yang dihasilkannya.

Comments are closed.